Bagaimana caranya memperbaiki network Wifi

Jaringan internet nirkabel memberikan kemudahan bagi kita untuk browsing Web secara mudah, tapi koneksi tersebut sangat tergantung pada gelombang radio yang sangat rentan dengan  gangguan gangguan sinyal disekitar kita, batas jangkauan sinyal, masalah hardware, dan kesalahan hardware kita. Disini kami kumpulkan beberapa panduan ringkas masalah Wi-Fi yang paling umum dan bagaimana caranya untuk memperbaikinya.
Jika Anda memakai jaringan Wi-Fi di rumah atau di kantor, baca terus untuk menemukan cara yang berbeda untuk memecahkan masalah Wi-Fi Anda.

Periksa Laptop Anda untuk Tombol Wi-Fi atau Switch
Setelah kesulitan menghubungkan ke Wi-Fi di kedai kopi favorit Anda atau ruang tunggu bandara,masalahnya mungkin sangat mudah dan tepat di bawah ujung jari Anda. Jika laptop atau netbook tidak terhubung ke router nirkabel lokal sama sekali dan Anda tidak dapat melihat daftar jaringan nirkabel di dekatnya, periksa untuk melihat apakah laptop Anda memiliki tombol Wi-Fi atau saklar yang Anda mungkin harus diaktifkan terlebih dahulu. Jika Anda menemukan seperti tombol dengan gambar WIFI, periksa untuk melihat apakah saklarnya sudah aktif atau belum.

Reboot Komputer Anda dan Router Wireless Anda
Jika Anda masih tidak dapat menghubungkan komputer atau perangkat, reboot itu. Langkah ini terdengar sederhana, namun router Anda, Wi-Fi adapter PC Anda, atau sistem operasi Anda mungkin memiliki perangkat lunak atau masalah firmware yang sederhana reboot atau mematikannya akan memperbaiki koneksinya. Jika beberapa atau semua perangkat anda susah untuk dihubungkan, cobalah dengan mencabut router dari listrik antara 5 sampai 10 detik dan kemudian menghubungkannya kembali.

Mengubah Channel Wi-Fi di Router

Kebanyakan Wi-Fi router dan perangkat menggunakan band radio pada gelombang 2.4GHz, yang memiliki 11 saluran. Sayangnya, hanya 3 dari 11 saluran yang dapat berjalan secara bersamaan tanpa tumpang tindih atau mengganggu satu sama lain: saluran 1, 6, dan 11. Lebih buruk lagi, banyak router ditetapkan untuk disiarkan di saluran 6 secara standard. Akibatnya, gangguan dari router lain di sekitarnya merupakan sumber umum masalah konektivitas, terutama di daerah padat penduduk seperti kompleks apartemen dan pusat perbelanjaan. Radio lain yang menggunakan pita 2.4GHz – misalnya, monitor bayi, dan telepon nirkabel – dan perangkat listrik lainnya (seperti oven microwave) dapat mengganggu sinyal Wi-Fi juga.

Untuk melihat apakah router nirkabel lain mungkin akan terganggu, lihatlah daftar jaringan nirkabel di dekatnya. Jika Anda menggunakan Windows, klik ikon jaringan di sudut kanan bawah. Jika Anda melihat nama jaringan lainnya, terutama mereka dengan lebih dari satu bar sinyal, mereka dapat mengganggu sinyal.

Anda dapat mencoba untuk menghindari gangguan dengan mengubah router ke saluran lain. Anda membabi buta dapat memilih saluran (pergi dengan 1 atau 11 mungkin teknik yang terbaik) atau Anda dapat membuat pilihan yang lebih baik dengan memeriksa untuk melihat saluran jaringan terdekat gunakan sehingga Anda dapat menggunakan saluran yang berbeda.

Setelah Anda memutuskan saluran mana yang akan dipilih, Anda harus masuk ke panel kontrol router anda dan mengganti salurannya secara manual. Untuk mengakses web-based panel kontrol router, membuka jendela baru pada browser anda saat Anda terhubung ke jaringan nirkabel router  dan kemudian mengetikkan alamat IP-nya (paling sering 192.168.1.1 atau 192.168.0.1).

Periksa Posisi Router Wireless

Jika kesulitan koneksi tampaknya muncul hanya ketika anda sudah agak jauh dari lokasi router nirkabel anda, masalahnya bisa jadi bahwa anda berada di lokasi yang terlalu jauh dari router sehingga kekuatan signalnya menjadi sangat lemah. Cara sederhana untuk memperbaiki ini adalah untuk membeli router dengan jangkauan yang lebih baik, tetapi anda juga dapat mengambil beberapa langkah lain sebelum pergi untuk membeli router baru. Pertama, pastikan bahwa antena router Anda terpasang dengan kencang dan diposisikan tegak. Selanjutnya, pastikan bahwa router tidak dihalangi benda-benda besar yang dapat menyebabkan kekuatan sinyal menurun. Untuk hasil terbaik, tempatkan router Anda di tempat terbuka sehingga sinyal dapat berpencar dengan bebas.

Untuk hasil terbaik, coba pindahkan router nirkabel anda ke tengah ruangan.

Jika Anda masih tidak mendapatkan jangkauan Wi-Fi Anda ingin, coba pindahkan router dan modem ke lokasi yang lebih sentral dalam cakupan area yang Anda inginkan. Tentu saja, pilihan penempatan terbatas: router harus berada di dekat jack lain kabel atau telepon. Modem kabel yang paling dapat menyambung ke setiap stopkontak kabel, dan modem DSL biasanya plug ke jack telepon lain – tapi ingat untuk beralih keluar setiap filter yang mungkin terpasang.

Kembalikan Setting Router ke Default Pabrik
Jika Anda terus mengalami kesulitan mendapatkan berbagai komputer dan perangkat untuk terhubung ke router Anda, Anda dapat mencoba mengembalikan pengaturan router ke standar pabrik. Anda mungkin harus mengkonfigurasi ulang pengaturan koneksi Internet anda. Ketika Anda siap untuk mengembalikan router, carilah tombol reset kecil atau lubang di bagian belakang router, dan menggunakan pena atau penjepit kertas untuk tekan dan tahan tombol selama setidaknya 10 detik.

Reinstall Driver Wireless Adapter atau Software
Jika setelah benar-benar reset router, Anda menemukan bahwa koneksi masalah yang melibatkan satu PC di jaringan Wi-Fi Anda masih bermasalah, mempertimbangkan untuk menginstal ulang driver dan / atau perangkat lunak untuk adapter Wi-Fi pada PC yang bermasalah. Langkah pertama dalam proses ini adalah men-download driver adapter jaringan versi terbaru atau perangkat lunak dari situs web produsen komputer Anda (atau dari situs produsen adaptor, jika Anda membeli adaptor terpisah). Dari sana, hati-hati ikuti petunjuk dari produsen untuk menginstal ulang perangkat lunak pada adapater Anda. Reboot PC anda sesudahnya, dan anda bisa mencoba kembali koneksinya.

Tips diatas merupakan cara menyelesaikan problem koneksi wifi anda jika terjadi masalah. Jika masih belum bisa juga, anda bisa memanggil teknisi komputer yang lebih berpengalaman agar anda dapat terhubung kembali dengan jaringan Wifi anda.

Selamat mencoba

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s